• Gambar 1
  • Gambar 3
  • gambar atas 3

Selamat Datang di Website SMP NEGERI 1 MATAN HIILIR UTARA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 1 MATAN HIILIR UTARA

NPSN : 30103506

Jl.Ketapang - Sukadana Km.51 Desa Kuala Tolak Ketapang


info@smpn1mhu.sch.id

TLP : 082352489248


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 185370
Pengunjung : 61173
Hari ini : 10
Hits hari ini : 60
Member Online : 1
IP : 3.238.174.191
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

KONTRAK BELAJAR




Pernahkan Anda sebagai seorang guru ketika di dalam kelas sedang mengabsen kehadiran siswa kemudian ada siswa masuk ke dalam kelas tersebut? Artinya guru masuk terlebih dahulu baru di susul oleh siswanya. Nah, kejadian seperti itu sangat sering terjadi di setiap sekolah. Jika di biarkan maka siswa tersebut akan menjadikannya kebiasaan dan sangat mengganggu, karena orangnya pasti itu-itu saja.

Sedikit penulis akan mencoba berbagi pengalaman untuk mengatasi permasalahan tersebut dan hasilnya sangat efektif dan tidak akan membuat siswa merasa sakit hati, karena penulis sudah mempraktekkannya di dalam proses belajar mengajar.

Pada awal pertemuan baik itu awal tahun ajaran baru atau pertemuan awas semester ke dua sebaiknya seorang guru harus memberikan motivasi-motivasi kepada para siswa. Selain itu pada awal pertemuan itu juga guru harus melakukan melakukan kontrak belajar bersama siswa. Kontrak belajar perlu dilakukan di kelas oleh seorang guru dan siswanya untuk bermusyawarah menentukan kesepakatan-kesepakatan sehingga proses belajar mengajar di kelas kedepannya bisa lebih baik lagi. Pada kali ini penulis memberikan peraturan tentang siswa yang masuk belakangan di bandingkan guru. Hal ini dilakukan untuk mengatasi siswa-siswa yang siring terlambat masuk dengan bermacam-macam alasan. Jadi peraturannya adalah "Jika siswa terlambat masuk di bandingkan guru maka siswa tersebut akan menjadi bodyguard atau menjadi asisten guru selama pelajaran berlangsung". Dengan menggunakan bahasa bodyguard atau asisten guru, maka terasa baik dan lebih terhormat. Para siswa sudah bisa membayangkan seorang bodyguard yang memiliki badan yang tegap, jagoan, berdirinya tegak dan lain-lain.

Jadi teknisnya siswa terlambat masuk tersebut di suruh berdiri di belakang siswa dengan sikap tegak layaknya seorang bodyguard untuk mengamankan kondisi kelas. Jika ada siswa yang tidak menulis atau membuat keributan maka siswa tinggal memmanggil bodyguard untuk menertibkan siswa yang melakukan keributan tersebut. Berdiri beberapa jam selama pelajaran berlangsung bukan sebuah hal yang mudah. Penerapan pelaturan yang sudah di tetapkan bersama akan lebih menghargai mereka karena keputusan peraturannya sudah di musyawarahkan secara bersama. Selain mereka mendapatkan hukuman mereka tetap bisa memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru karena mereka berdiri menghadap ke depan papan tulis. Kini sudah tidak adak ada lagi siswa yang berani terlambat masuk kelas. Jika mereka sudah bunyi bel masuk maka para siswa akan segera berlari meju kelas mereka masing-masing. 

Bermusyawarah untuk membuat kontrak belajar bersama sangat bermanfaat. Buatlah peraturan di mana pelaturan tersebut di sepakati bersama-sama, maka para siswa akan lebih merasa di hargai sebagai manusia. 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : Ridayatun -  [ridarasidi@gmail.com]  Tanggal : 13/02/2023
Mantab Pak. Saya akan coba praktikkan kepada peserta didik yang membuat keributan di saat jam pelajaran.


   Kembali ke Atas